26 Jul 2010

Pengertian Hak atas Kekayaan Intelektual

Definisi HaKI

Hak kekayaan intelektual yang disingkat HKI atau akronim HaKI, adalah persamaan kata yang biasa digunakan untuk intellectual property rights (IPR), yakni hak yang timbul bagi hasil olah pikir otak yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia. Pada intinya HaKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomi hasil suatu kreatifitas intelektual. Obyek yang diatur dalam HaKI adalah karya-karya yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektual manusia.

Sistem HaKI merupakan hak privat (private rights). Di sinilah ciri khas HaKI di mana sesorang bebas mengajukan permohonan atau mendaftarkan karya intelektualnya atau tidak. Hak eksklusif yang diberikan negara kepada individu pelaku HaKI (inventor/penemu, pencipta, atau pendesain) dimaksudkan sebagai penghargaan atas hasil karyanya dan agar orang lain terangsang untuk dapat lebih lanjut mengembangkannya lagi. Sehingga dengan sistem HaKI tersebut kepentingan masyarakat ditentukan melalui mekanisme pasar. Di samping itu, sistem HaKI juga menunjang diadakannya sistem dokumentasi yang baik atas segala bentuk kreatifitas manusia sehingga kemungkinan munculnya teknologi atau hasil karya lain yang sama dapat dihindarkan. Dengan dokumnetasi yang baik diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan secara maksimal untuk keperluan hidupnya atau mengambangkan lebih lanjut agar memberikan nilai tambah yang lebih tinggi lagi

SUMBER :
klik disini

Dari penjelasan singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa HaKi merupakan suatu hak yang dibuat untuk melindungi suatu hasil pemikiran / buah karya para penciptanya misalnya berupa produk ataupun jasa, suatu mahakarya , dan lain sebagainya , agar tidak dibajak seenaknya sehingga ada aturan2 tertentu yang mengatur etika para penjiplak.

Dalam postingan selanjutnya akan dijelaskan mengenai kategori Hak atas Kekayaan Intelektual secara lebih lengkap.

1 komentar:

  1. untuk masalah aturan - aturan yang mengatur hak kekayaan intelektual sesuai dengan aturan apa yaaa??

    BalasHapus

 

Let Me Tell You My Mind.... Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template