25 Feb 2012

Bus Ke Kampung Tercinta, Bondowoso !

Jam weker 5 pagi berbunyi, menandakan waktu solat subuh. Pagi ini mau pulang ke Bondowoso, sekitar pukul 09.00 WIB. Seperti biasa saya selalu menyempatkan diri untuk SMS driver bus langganan. Bus patas ladju jurusan Surabaya- Bondowoso.
Kenapa bisa langganan? Karena jadwal bus ke Bondowoso limited banget. Dan busnya pun sepi. Jadi driver dan keneknya sampe hafal. 2 kali sehari jadwalnya-.- . 'Pak, hari ini bus beroperasi nggak?' Sembari nunggu jawaban SMS dari driver, saya beresin kamar, sekalian prepare mandi. Sekitar 5 menit kemudian HP berbunyi 'nggak non, hari ini bus libur, AC lagi dalam perbaikan' itu isi sms dari sang driver.
Yah.. Langsung kecewa sekaligus bingung.. Kenapa ? Karena males oper-oper bus. Tapi hari ini harus pulang, karena udah kangen banget nih sama orang tua. Ahirnya, mau gak mau saya ambil keputusan 'yaudahlah.. Naek patas jurusan jember, kemudian oper di terminal bayuangga probolinggo saja'.
Pukul 08.00 saya bergegas mandi. Pacar saya mengantar ke Bungurasih, sekitar jam 09.00 WIB dari kos saya yang berada di daerah rungkut. Kemudian sampai di bungurasih jam 09.30 WIB. Saya menyempatkan diri untuk membaca jadwal keberangkatan bus di terminal bungurasih, Bus biasa (ekonomi) anggun krida k bondowoso (langsung) ternyata ada, jam keberangkatan 08.57WIB
Tapi, saya juga udah telat nih.
Ahirnya seperti keputusan awal, saya naik bus akas asri (patas) jurusan Jember. Bus berangkat pukul 9:56 WIB. Harga tiket Patas ke Probolinggo 23.000 rupiah.



Sampai d probolinggo jam 13.00WIB nunggu bus k Bondowoso. Tak ada satupun, akhirnya tanya petugas, katanya sktr jam 13.30. Saya menunggu d lajur yang d sediakan (lajur situbondo-jember ekonomi) bus untuk jurusan jember dan situbondo banyak sekali. Sebenarnya bisa sih naik jurusan situbondo, kemudian oper di besuki. Tapi saya males oper-oper angkutan sih, jadi saya memilih untuk menunggu bus ekonomi jurusan Bondowos langsung (patas gak ada ).
Setelah menunggu sekitar 45 menit, (waktu menunjukan pukul 13.45) muncul bus ladju dengan sticker d depan bertuliskan "jablay" dan dengan tulisan 'Bondowoso' wow! Sangat senang saya mendapati bus itu. Langsung deh bus d serbu penumpang. Cukup ramai bus, bahkan ada yang berdiri.
Karcis bus ekonomi ke Bondowoso seharga 12.000 rupiah ke bondowoso.
Jam 16.00 bus sampai di terminal Besuki.
Bus berhenti sebentar, kurang lebih 5 menit.Kemudian lanjut perjalanan, dan tiba di Bondowoso jam 17.00.
Sekian share dari saya, semoga bermanfaat buat yang ingin traveling ke Bondowoso :D

Have a nice day :D

5 komentar:

  1. kyaknya sudah ada bis patas sby-bondowoso tapi bukan ladju. warna ijo lupa saya namanya tapi saya nggak tahu lewat jember atau situbondo prajekan klabang. thanks ya..

    BalasHapus
  2. kira" 7 jam ya mbak jarak tempuhx? oya kalau mau dri bondowoso langsung ke surabaya bisa gak ya....soalnya ini perjalan pertama sy ktmpat yg jauh ini jg terpksa krna bu de sakit....mohon sekali bantuanx mbak....

    BalasHapus
  3. kalo naik bis jurusan surubaya bondowoso, nanti melewati pajarakan ga?

    BalasHapus
  4. Kalau mau melakukan perjalanan Surabaya-Bondowoso PP. Sebaiknya oper Bus di terminal Probolinggo. Meskipun kita punya tiket Bondowoso langsung atau Surabaya langsung, sampai di Probolinggo PASTI DIOPER BUS. Itu sdh menjadi tradisi para supir bus krn minim penumpang. Kecuali kalau kita naik Bus yang Bondowoso-Kalianget, INSYAALLAH tdk dioper. Semoga Bermanfaat...!

    BalasHapus
  5. Ada bro.
    skrang jurusan
    madura-bondowoso..
    langsung itu gk pakek ngover

    BalasHapus

 

Let Me Tell You My Mind.... Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template