27 Feb 2012

KURMA (Syukur Ramadhan Untuk Sesama) 2011

KURMA merupakan akronim yang kami buat untuk acara yang Insyaallah akan kami adakan tiap tahunnya. Apa itu KURMA ? KUMA = Syukur Ramadhan Untuk Sesama.
Kali ini, saya yang juga tergabung dalam panitia KURMA 2011 (Ajeng, Fani, Eddo, Grace, Koko,Pandu, Andika, dll ) berencana untuk berbagi dengan anak-anak di yayasan Yatim dan Piatu Al Fitroh Tenggarang Bondowoso.




Disana ada sekitar 67 orang yang terbagi menjadi anak yatim piatu dan anak asuh. Ketika kami (panitia) bertanya pada pengasuh yayasan tersebut, apa perbedaan anak yatim piatu dan anak asuh? Mereka menjelaskan bahwa Anak yatim ialah anak yang tidak memiliki ayah/ orang tua, sedangkan anak asuh ialah anak yang memiliki orang tua, namun social ekonominya kurang dari cukup. Begitu kata pengurus panti, (Ustad Yusuf).

Yang memiliki ide pertama untuk mengadakan acara social ini ialah teman saya (Roro Ajeng S.A.). Dia terinspirasi dari kakaknya yang sejak 5 tahun terakhir ini, khususnya di bulan Ramadhan selalu aktif melakukan kegiatan social di beberapa panti yang ada di Bondowoso.





Saya diajak oleh Roro Ajeng, merasa cukup antusias pada ajakannya… “Kenapa kita hanya kumpul-kumpul untuk senang2? Sekali-sekali inget dengan sesama gak ada salahnya kan?”

Oke kami mulai dengan mencari donator, acara ditetapkan pada tanggal 27 Agustus 2011. Kami mencari donator dengan share di Facebook, group BBM, mengirimkan Broadcast message pada kontak di BBM, SMS, dan dengan beberapa jejaring social lainnya. Awalnya saya agak sedikit pesimis, karena kami  menargetkan donasi minimal 100rb rupiah, mungkin bagi seorang mahasiswa nominal sejumlah itu bukan hal yang kecil.

Ajeng selaku ketupel yang sangat berjuang mati-matian *dramatisir* :D mencari donator, tentunya kami juga membantu, ternyata tidak semudah itu mencari donatur yang peduli pada sesame. Yah.. mereka mungkin punya pemikiran macam-macam mengenai acara kami.

Kami coba tampung satu persatu “Mbak Ajeng.. orang beramal kenapa harus ditetapkan batasan minimalnya sih?” itu merupakan pertanyaan yang paling sering dilontarkan ketika telah membaca share tag acara di facebook dan beberapa jejaring social. Kami mencoba menjelaskan dengan panjang lebar..
 Intinya adalah “Kenapa harus minimal 100rb? Karena semua telah di anggarkan, semua telah diperhitungkan, jadi diusahakan untuk mencapai target acara berjalan sesuai dengan yang telah di gambarkan”.
 Ada banyak pertanyaan, ada banyak pula selentingan yang kami dengar mengenai acara ini, tapi Ajeng terus menyemangati kami, kalau kita niat tulus mau membantu sesame, Insyaallah pasti ada jalan…

ALLAHUAKBAR.. Allah benar-benar maha segalanya. Dalam waktu 2 minggu kami bisa mendapatkan beberapa donatur, hingga dana mencapai kurang lebih 5 jutaan.. Alhamdulillah.. Ternyata selalu ada jalan untuk niatan yang tulus J




Dana itu kami gunakan untuk membeli bingkisan untuk anak-anak yayasan, yang terdiri dari pakaian, bahan makanan, dan uang tunai. Serta untuk acara games-games untuk menghibur adik-adik yayasan, dorprise game, serta bingkisan untuk pengasuh yayasan.
Tanggal 27 Agustus 2011 pun tiba.. Pukul 15.30 WIB acara dimulai, adik-adik sudah datang ke yayasan pukul 15.00 dan pengasuh yayasan pun sudah siap untuk menyambut kedatangan teman-teman KURMA. 


Panitianya malah yang molor, hihi.. sorry ya adek-adek :D
acara dimulai dengan opening oleh teman saya Pandu, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia Mbak Ajeng, dan sambutan oleh pengurus panti.
Subhanallah.. hening, mereka benar-benar menyimak acara dengan perhatian dan terpancar antusias dari wajah mereka. Untungnya pandu selaku MC juga pandai membawa suasana..

Setelah sambutan selesai, dilanjutkan dengan beberapa games yang telah panitia sediakan…
Tampak sekali wajah sumringah di wajah mereka…



Ya Allah.. Aku terharu sekali ketika itu.. Aku merasa sangat-sangat tidak bersyukur pada keadaanku yang sekarang,,, masih memiliki orang tua lengkap, namun aku masih sering menyia-nyiakannya… Mom.. Dad.. pliss forgive me L
Minta ini minta itu kudu harus secepatnya dituruti, aku sangat-sangat durhaka pada kedua orang tuaku L

Sedih sekali aku melihat mereka yang tidak punya orang tua, bisa menerima segala keadaan yang ada.. Subhanallah.. Ya Allah.. Ampuni aku L
Terharu aku dalam suasana acara ini, melihat keceriaan mereka sungguh tak ternilai harganya…

Pukul 17.00 games selesai, dan kami pun membagikan hadiah kepada peserta yang menang, kemudian dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Haji Yusuf selaku pemilik yayasan, sambil menunggu waktu berbuka tiba.
Kami melanjutkan acara dengan buka bersama, pembagian bingkisan, sholat tarawih, dan diakhiri dengan pesta kembang api.


Subhanallah…… keceriaan mereka benar-benar tak ternilai harganya bagiku..
Terimakasih kepada seluruh donator yang telah membantu secara moril maupun financial, hingga acara ini  bisa berlangsung dengan sukses.
Sampai jumpa di acara KURMA ( SYUKU RAMADHAN UNTUK SESAMA) tahun depan J


0 komentar:

Posting Komentar

 

Let Me Tell You My Mind.... Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template